CANTUMKAN IDENTITAS ANDA

Minggu, 30 Desember 2012

Modal Kepala Sekolah

MODAL KEPALA SEKOLAH
JUANDA, M.Pd
SMPN 2 Cililin

Dalam mengelola sekolah, kepala sekolah memiliki peran yang sangat besar. Kepala sekolah merupakan motor penggerak, penentu arah kebijakan menuju sekolah dan pendidikan secara luas. Sebagai pengelola institusi satuan pendidikan, kepala sekolah dituntut untuk selalu meningkatkan efektivitas kinerjanya. Untuk mencapai mutu sekolah efektif, kepala sekolah dan seluruh stakeholder harus bahu membahu bekerja sama dengan penuh kekompakan dalam segala hal.
Kepala sekolah yang efektif adalah kepala sekolah yang dalam kinerjanya selalu membuka diri kepada guru dan karyawan lainnya dalam membahas persoalan penting. Tidak sedkit sikaf kepala sekolah bersifat tertutup terutama dalam keuangan.
Modal utama kepala sekolah adalah memiliki pengetahuan kepemimpinan, baik perencanaan, pengorganisasian, pelakasanaan, dan pengawasan suatu program sekolah dan pendidikan secara luas. Selain itu kepala sekolah harus menunjukan sikap kepedulian, semangat bekerja, disiplin tinggi, keteladanan, dan hubungan manusiawi dalam rangka perwujudan iklim kerja yang sejuk dan kondusif. Kenyataan dilapangan masih  ada kepala sekolah tidak memiliki modal utama sebagai kepala sekolah, sehingga tidak mampu mengelola sekolah secara efektif.
Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dapat dilihat berdasarkan kriteria, mampu memberdayakan guru untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan baik, lancar, dan produktif. Kepala sekolah dapat menjelaskan tugas dan pekerjaannya sesuai waktu yang telah ditetapkan, mampu membangun hubungan yang harmonis dengan guru masyarakat dalam rangka mewujudkan tujuan sekolah.
Kepala sekolah yang efektif memerlukan prasyarat yang tidak ringan. selain berpengetahuan luas, mampu memberi keteladanan dan beretos kerja tinggi, yang tidak boleh dilupakan kepala sekolah selaku manajer di satuan pendidikan harus mampu membangun kekompakan kerjaa secara internal dan mampu membangun sinergi kerja dengan pihak luar sekolah yang terkait. melalui pendekatan kerja yang harmonis dengan membuka diri dan selalu tanggap akan perubahan merupakan modal yang pokok dalam mewujudkan sekolah yang efektif, berwawasan ke masa depan yang lebih baik.
Koswara Deni & Halimah (2008). Kebiasaan Kepala Sekolah Efektif. Bandung : Pribumi Mekar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar